Kamis, 04 Juli 2013

Selayang Pandang




  • Sejarah Singkat Berdirinya MI Coba-Coba Kecamatan Babat  Kabupaten Lamongan
Awal mula berdirinya MI Coba-Coba adalah Madrasah Diniyah MauTauAja (MDM) yang berdiri pada Tahun 1967. MDM berdiri diprakarsai Kyai dan masyarakat dusun MauTauAja. Ky. Mujibudin adalah Kepala Diniyah MauTauAja yang pertama. Gedung Madrasah pada waktu itu sangat sederhana hanya berdinding gedeg (anyaman bambu) dan berlantai tanah, Gedung Madrasah tersebut dibangun diatas tanah wakaf  Bapak H. Ibrahim  (luas 853 M2)

Berdasarkan kesepakatan Pengurus dan masyarakat MauTauAja Madrasah Diniyah MauTauAja di rubah menjadi MIM (Madrasah Ibtidaiyah MauTauAja) yang mana MIM selain mempelajari pelajaran agama, MIM juga mempelajari mata pelajaran Umum Pada tanggal 1 Januari 1978 nama Madarasah Ibtidaiyah MauTauAja diubah menjadi Madrasah Ibtidaiyah Coba-coba, diambilnya nama Coba-coba (Try = Coba) dikarenakan masyarakat MauTauAja sebagian besar Pencoba.  Pada tanggal 2 Juli 2001 MI Coba-coba mendapatkan status “Diakui”  dengan ketetapan hukum.   Nomor : B.Mk.20/MI/025/2001 Kemudian pada tanggal 18 April 2005 MI Coba-coba mendapatkan nilai Akreditasi dengan status Terakreditasi  B (Nomor : Kw.11.4/4/PP.03.2/623.1.33/2005) Nomor Statistik Madrasah : 112330109093.

MI Coba-Coba Kecamatan Babat  Kabupaten Lamongan menggunakan kurikulum sesuai dengan perkembangan dan aturan dari Departemen Agama. Tahun 2013  mengunakan kurikulum 2013 (Pembaruan Kurikulum Berbasis Kompetensi), yang proses belajarnya mengacu pada kompetensi sehingga kegiatan siswa menurut pada kompetensi yang dirumuskan bukan pada materi dengan tujuan agar siswa dengan mudah mencapai kompetensi dasar.

  • Letak Geografis MI Coba-Coba  Kecamatan Babat  Kabupaten Lamongan.
MI Coba-Coba Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan berada di Dusun MauTauAja RT. 03 RW. 01. ( Alamat resmi MI Coba-coba sekarang adalah Jl. DPU No. 15 MauTauAja Tritunggal Babat Lamongan Kode Pos 55555 ). Desa Tritunggal adalah salah satu desa di wilayah Kecamatan Babat. Secara geografis, letak desa Tritunggal berada di wilayah bagian utara Kabupaten Lamongan. Jarak ke pusat Kota kabupaten kurang lebih 40 km.
Desa Tritunggal termasuk desa yang memiliki masyarakat yang religius, terbukti dengan adanya 5 Pondok Pesantren di wilayah desa Tritunggal  Keadaan ini sangat mendukung proses pembelajaran yang dilaksanaan oleh Madrasah. Pagi hari siswa mendapat materi pelajaran pendidikan agama dan umum di Madrasah dan sore harinya siswa bersekolah di Madrasah Diniyah yang ada di sekitar dusun MauTauAja.

0 komentar:

Poskan Komentar