Jumat, 05 Juli 2013

Program Pengembangan Diri

Pengembangan Diri Siswa

Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi madrasah. Bentuk kegiatan kegiatan pengembangan Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karanganyar berupa:
1) Tadarus Al-Quran
Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta terhadap Al-Qur’an dan membiasakan untuk selalu membaca Al-Qur’an. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari selama 15 menit sebelum pelajaran jam pertama di mulai.

2) Sholat Dhuha dan Dhuhur Berjamaah
Pelaksanaan kegiatan sholat dhuha dan dhuhur berjamaah ini bertujuan untuk mengenalkan pelaksanaan ibadah sholat dan menanamkan kecintaan untuk menjaga sholat fardhu.
Kegiatan ini dilaksanakan di masjid MI Muhammadiyah Karanganyar. Untuk sholat dhuha dilaksanakan secara mandiri oleh kelas sesuai dengan jadwal. Sedangkan untuk sholat dhuhur dilaksanakan secara berjamaah setiap hari.
3) Layanan Bimbingan dan Konseling
Bertujuan untuk memberikan layanan dan konseling kepada peserta didik di Madarasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karanganyar.
Ruang lingkupnya meliputi: 1) Layanan orientasi pengenalan lingkungan madrasah, 2) Layanan bimbingan belajar, 3) Layanan konseling kesulitan belajar dan masalah pribadi,
4) Program Pembiasaan
Senyum-salam-sapa, makan dan minum sesuai dengan adab Islam, membuang sampah pada tempatnya.
5) Hafalan Al-Qur’an
Hafalan Al-Qur’an bertujuan agar siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karanganyar mampu membaca, mengerti dan menjelaskan tentang hakekat Al-Qur’an dan mampu menghafalkan. Target hafalan siswa-siswi MI Muhammadiyah Karanganyar adalah juz 30 (juz’ama).

6) Seni Baca Al-Qur’an (Tilawah/Qiroah)
Bertujuan untuk menumbuhkan apresiasi (penghargaan) siswa terhadap seni budaya Islam. Ruang lingkupnya adalah seni membaca Al-Qur’an. Memupuk minat dan bakat siswa terhadap seni baca Al-Qur’an. Dilaksanakan di luar jam pelajaran. Diampu oleh qori’ yang kompeten dibidangnya.

7) Seni Rebana
Kegiatan ini diampu oleh pakar rebana yang sudah professional dan di dukung dengan alat musik rebana yang lengkap. Bertujuan untuk menumbuhkan apresiasi (penghargaan) siswa terhadap seni budaya Islam. Memupuk bakat dan minat siswa dibidang seni musik Islami dan menumbuhkan rasa percaya diri peserta didik.
8 ) Seni Karawitan
Dengan fasilitas perangkat gamelan yang lengkap kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menumbuhkan apresiasi (penghargaan) siswa terhadap seni budaya daerah khususnya seni menabuh gamelan. Kegiatan ini diampu oleh pakar karawitan yang juga dosen perguruan tinggi negeri di Surakarta. Kegiatan ini diharapkan dapat memupuk bakat dan minat siswa dibidang seni karawitan dan menumbuhkan rasa kecintaan terhadap budaya bangsa.

9) Seni Tari
Diampu oleh pengajar tari yang professional, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan apresiasi (penghargaan) siswa terhadap seni budaya daerah khususnya seni tari. Memupuk bakat dan minat siswa dibidang seni pertunjukan yang tidak lepas dari nilai-nilai Islami tentunya dan juga menumbuhkan rasa percaya diri peserta didik.
10) Hizbul Wathon
Gerakan Kepanduan Hizbul Wathon adalah gerakan kepanduan di Muhammadiyah. Jauh dahulu sebelum Pramuka ada, Hizbul Wathon-lah yang menjadi benih tumbuhnya gerakan kepanduan di Indonesia. MI Muhammadiyah Karanganyar melaksnakan kegiatan ini bertujuan untuk melatih siswa dalam bidang kepanduan agar trampil dan mandiri menanamkan sikap peduli terhadap orang lain, menanamkan sifat disiplin dan menumbuhkan rasa percaya diri.
Ruang lingkupnya adalah : 1) Ketrampilan personal, 2) Ketrampilan sosial, 3) Ketrampilan vokasional sederhana.
11) Pencak Silat (Tapak Suci)
Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karanganyar adalah Tapak Suci Putra Muhammadiyah bertujuan untuk menciptakan kader yang handal baik secara fisik maupun psikis.

Diampu oleh pendekar Tapak Suci professional, kegiatan ini diharapkan dapat membangun rasa sportifitas, jujur, berani dan berakhlak mulia taat pada ajaran Islam.
12) Sepak Bola (MIFC)
Sebagai bentuk apresiasi dalam bidang olah raga khususnya olah raga sepak bola, Madrasah Ibtidaiyah Football Club (MIFC) dilaksanakan untuk mewadahi minat dan bakat peserta didik dalam olah raga ini. MIFC dikembangkan untuk membangun rasa sportifitas, percaya diri dan keberanian.

13) Klub Sains, Matematika dan Bahasa Inggris
Kegiatan ini dilaksanakan untuk mewadai minat peserta didik dalam bidang penelitian dan pengembangan pengetahuan sains, matematika dan bahasa Inggris. Dari kegiatan ini harapannya peserta didik memiliki sikap ilmiah dan jujur serta disiplin atas dasar pengetahuan yang mereka miliki.
14) Dokter Kecil
Dokter ini di MI Muhammadiyah Karanganyar bertujuan untuk melatih kemampuan siswa dalam memberikan pertolongan ringan, mempraktekkan P3 K di sekolah, mengembangkan hidup sehat, mengenal berbagai alat Kesehatan memaksimalkan UKS dan mengenal berbagai obat ringan dan penyakit ringan. Ruang lingkupnya adalah menjaga kesehatan diri dan teman, UKS dan P3K.
15) Seni Lukis Kaligrafi
Kegiatan yang diampu oleh pelukis professional ini bertujuan untuk menumbuhkan apresiasi (penghargaan) siswa terhadap seni budaya Islam, khususnya seni lukis kaligrafi.

0 komentar:

Poskan Komentar